MASJID JAMIK

Paket wisata bangka

Masjid Jamik merupakan salah satu masjid terbesar di Pangkalpinang, dibangun pada tanggal 3 Syawal 1355 H atau bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1936 M,terletak di jalan Masjid Jamik.Masjid ini didirikan oleh penduduk Kampung Dalam dan Kampung Tengah Tuatunu yang pindah ke wilayah Pangkalpinang dan mendirikan kampung dengan nama atau toponim yang sama dengan kampung asalnya di Tuatunu yaitu Kampung Tengah dan Kampung Dalam.

Bentuk fisik awal masjid semi permanen, berlantai semen berdinding papan, beratap genteng, bila dilihat dari atas berbentuk seperti piramida. Bangunannya bertingkat tiga, pada bagian bawah dipergunakan untuk sholat dan pengajian. Di bagian tingkat tengah berfungsi sebagai tempat menyimpan kitab-kitab kuning, buku-buku agama, tikar dan alat perlengkapan masjid lainnya, sedangkan di bagian tingkatan atas berfungsi sebagai menara untuk Muazin mengumandangkan azan.

Pada tahun 1950-1954 M, masjid direnovasi dengan dana partisipasi dari masyarakat di pulau Bangka dan menurut catatan, Wakil Presiden RI, Drs. Mohammad Hatta ikut menyumbang sebesar Rp. 1.000,- (seribu rupiah). Pada tahun 1955-1961 Masehi, renovasi dilanjutkan untuk penyelesaian akhir bangunan masjid dan pembangunan menara masjid setinggi 23 meter. Peresmian selesainya renovasi masjid dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 1961.Hari itu untuk kesekian kalinya saya mengajak klien saya yang beragama muslim untuk berkunjung ke Masjid Jamik dan kebetulan bertepatan di hari jum’at untuk melaksanakan solat jum’at.

Sebelum masuk ke masjid saya menyempatkan diri untuk poto satu sisi Masjid Jamik,sengaja saya hanya poto satu sisi agar pengunjung blog ini penasaran akan kemegahan dan keunikan masjid ini.Dari pada berlama-lama penasaran ayo buruan libur ke Pulau Bangka bersama kami Bangka Guide Wisata.